Minggu, 03 Juni 2012

Vitiligo


Ada yang tahu apa itu vitiligo? Hmm saya kasih keyword deh, “penyakit”
Masih belum tahu? Salah satu penyakitnya Michael Jackson deeeh, tahu kaan? :D
Vitiligo adalah penyakit kulit, dimana kulit kekurangan melanin, pigmen yang memberikan warna pada kulit, rambut dan  mata. Warna kulit si penderita ini akan menjadi putih susu. #eeeits tapi buat yang warna kulitnya kurang cerah alias eksotis seperti saya jangan mau kena vitiligo lhoh:D
Saya kira ciri penyakit ini hampir sama dengan penderita albino, tetapi bedanya kalau orang albino itu tidak memiliki pigmen kulit rata di sekujur tubuhnya, sedangkan vitiligo hanya di beberapa bagian saja. Biasanya di bagian-bagian yang mudah terkena sinar matahari, seperti tangan, wajah dan kaki. Tapi terkadang ada juga di bagian leher, ketiak, siku atau kelamin. Pada mulanya vitiligo ini berupa bercak-bercak putih yang bisa meluas.
Bukan hanya warna kulitnya yang menjadi putih, bahkan rambut serta kotoran yang dihasilkannya pun bisa menjadi putih, contohnya kotoran pada pusar.
Penyakit ini tidak akan mempengaruhi kinerja tubuh kita ko, penderitanya akan sehat-sehat saja, dan bagian kulit yang terkena vitiligo pun masih memiliki tekstur dan sensasi kulit yang sama dengan kulit normal.
Vitiligo dapat muncul dalam 3 pola, yaitu:
-          Lokal, depigmentasi terbatas yang hanya pada daerah tertentu di tubuh
-          Segmental, hilangnya warna kulit hanya pada salah satu sisi tubuh
-          Menyeluruh, kehilangan pigmen meluas di banyak tempat dari tubuh.
Sejauh ini belum diketahui apa penyebab pasti dari vitiligo, dan belum juga diketahui bagaimana upaya penyembuhan penderita vitiligo. Tapi dapat dilakukan dengan pemberian semacam salep pada kulit yang kehilangan pigmen kulit kemudian didiamkan selama beberapa lama dibawah sinar matahari. Hal ini dapat mengurangi resiko peluasan depigmentasi, dan dalam sedikit sekali kasus dapat menyembuhkan vitiligo secara menyeluruh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar