Selasa, 12 Juni 2012

latar belakang makalah


Membuat latar belakang dalam makalah, banyak yang suka mempersulit pekerjaan ini, padahal ini bukanlah satu hal yang sulit apabiila kita telah mempelajari cara-caranya.
Menurut bapa saya, latar belakang dalam makalah itu berisi mengenai alasan mengapa kita memilih tema / judul makalah. selain itu hal pertama yang harus ada dalam latar belakang adalah keadaan / realita kehidupan kita saat ini (yang menyangkut tema tentunya), kemudian barulah uraikan mengenai kehidupan idealnya seperti apa. Kemudian di dalam latar belakang juga penulis harus mampu merangsang minat pembaca untuk membaca apa yang kita tulis.
Berikut adalah contoh latar belakang dalam makalah yang bertemakan "sex bebas" :


BAB I PENDAHULUAN
    1. Latar belakang
Era globalisasi pada abad 21 ini telah merasuki bebarbagai sendi kehidupan, yang merambah dari strata tinggi sampai yang terendah, seluruh pelosok wilayah sudah bisa didekatkan. Dampak dari era globalisasi ini jika disikapi dengan bijak banyak manfaatnya, tapi jika sebaliknya bisa merugikan, hal ini tidak lepas dari sifat era globalisasi yang mempunyai sifat seperti pisau bermata dua, dimana dastu sisi bermanfaat, tapi disisi lain merugikan.
Dampak yang bisa diamati dari dampak era globalisasi ini adalah mengenai penyebaran informasi dan dokumentasi yang sudah tidak bisa dibatasi dengan jarak, tempat, dan waktu. Peran perangkat telekomunikasi seperti gadget (telephone mobile, televise, radio, internet) yang pergerakan informasinya melalui saluran udara bisa menjangkau tempat sampai ke yang paling terpencil, sedng informasi yang beredr itu tidak selamanya merupakan informasi yang baik dan mendidik, tidak sedikit informasi menyesatkan dan berdampak prilaku buruk beredar dimasyarakat melalui perangkat teknologi informasi. Perkembangan teknologi pada telephone mobile (handphone) dari waktu ke waktu sangat cepat, sehingga fungsinya yang tadinya hanya untuk berkomunikasi verbal telah berkembang sebagai alat komunikasi digital yang bisa menyampaikan informasi audio dan video. Peran pendidikan moral dan etika dari keluarga diharapkan dapat memfilter informasi yang masuk, karena untuk melakukan pengawasan langsung sangat sulit untuk saat ini.
Informasi yang saat ini cukup mengkhawatirkan perkembangan prilaku generasi muda adalah beredarnya propaganda kehidupan bebas yang tidak bertanggung jawab yang sering ditampilkan dalam berbagai media yang hadir ditengah-tengah masyarakat, seperti kehidupan para artis, tokoh atau figur masyarakat yang diketahui menjalani pola hidup yang sering tidak sesuai dengan adat ketimuran, seperti hidup bersama tanpa ikatan pernikahan, kehidupan malam dengan dunia gemelapannya, bahkan dikalangan pelajar telah sering terdengar mereka ikut-ikutan merasai kehidupan tersebut.
Disamping itu, di kalangan tertentu telah beredar paham atau pengertian bahwa pernikahan adalah sesuatu yang tidak praktis, merepotkan dan yang sering mereka takuti bahwa pernikahan itu sangat mengikat kebebasan kehidupan mereka. Sehingga karena pemahaman tersebut yang nota bene karena pengaruh kehidupan dunia bebas dari dunia barat, banyak yang mengikat kehidupan satu atap hanya cukup dengan komitmen diantara mereka berdua.
Dengan mengamati hal tersebut diatas, kami pandang cukup tepat jika memfokuskan penulisan ini pada Analisis Dampak dan Pencegahan Sex Bebas yang terjadi di kalangan remaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar